Sofa Berbahan Kulit Bisa Cepat Rusak Karena 6 Hal Ini, Loh!

Sofa kulit termasuk barang yang mewah namun agak sulit dalam merawatnya. Bahan kulit membutuhkan perhatian khusus agar kualitasnya tetap baik seiring berjalanya waktu. Anda harus mengetahui hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadap sofa berbahan kulit milik anda jika ingin kualitas sofa anda terjaga. Ingin tahu? Yuk, simak!

 

  1. Panas

Panas akan mengakibatkan kulit menjadi mengkerut, begiutupun dengan sofa kulit. Maka dari itu, letakkan sofa kulit anda di tempat yang jauh dari tempat dengan tingkat panas yang tinggi seperti perapian atau jendela yang terpapar sinar matahari langsung. Cara mengetahui apakah sofa sudah diletakkan ditempat yang tepat adalah denan meletakkan telapak tangan anda pada permukaan sofa. Jika sofa kulit mejadi panas, maka sofa harus dipindahkan. Jika permukaan sofa hangat, anda perlu menjaga kelebaban kulit dengan leather protector untuk sofa kulit.

  1. Detergen

Membersihkan sofa kulit menggunakan detergen adalah sebuah kesalahan besar.  Detergen mengandung bahan kimia tidak baik seperti silikon, minyak, lilin, dan buih sabun yang tentunya sangat tidak baik untuk sofa berbahan kulit milik anda. Bukannya semakin berih, sofa kuit kesayangan anda malah semakin menurun kualitasnya. Gunakan vacum untuk menghisap debu yang menempel agar kecerahan sofa terjaga.

 

  1. Mengelap Noda

Hindari membersihkan kotoran dengan cara mengelap menggunakan kain seperti kain lap atau kanebo. Karena, noda pada sofa kulit malah akan menyebar ke permukaan kulit lainnya.

  1. Cat atau Tinta

Jika anda suka bereksperimen menambahkan warna-warna sesuai keinginan pada ruangan anda, jangan pernah menggunakan cat atau tinta pada sofa kulit. Hal ini membuat kulit sofa menjadi rusak. Cat yang menempel akan menyerap secara perlahan pada kulit dan meninggalkan noda. Alih-alih menggunakan cat, anda bisa memberi variasi pasa sofa kulit dengan altrenatif sarung bantal sofa dan cushion dengan warna lain.

  1. Benda Tajam

Sofa berbahan kulit akan meninggalkan bekas jika terkena goresan benda tajam. Jangan menaruh sofa kulit anda di dekat tempat yang terdapat benda tajam seperti dapur dan ruang makan. Seperti halnya kulit manusia, kulit sofa juga akan tersobek jika terkena goresan benda tajam. Goresan-goresan yang tertinggal di sofa kulit tidak akan bisa hilang begitu saja.

 

  1. Membersihkan Dengan Air

Jika sofa tertumpah air atau minuman anda bisa menggunakan kain atau bahan yang bisa menghisap kotoran atau noda yang menempel di sofa. Setelah itu, sisa noda yang masih menempel bisa kamu tekan-tekan dengan tisu atau bahan lain yang menyerap. Jika masih ada sisa, kamu bisa menghisapnya dengan vacuum.

 

Nah, sudah tahu kan? Lebih berhati-hati dalam merawat sofa dan semoga sofa kulit anda awet selalu!

Previous article Memilih Sofa Bekas untuk Budget Minimalis
Next article Cara Merawat Bahan Suede Yang Elegan dan Lembut