Memilih Sofa Bekas untuk Budget Minimalis

Membeli perabotan rumah memang menghabiskan dana yang tidak sedikit. Dari sekian banyak keperluan, sofa menjadi salah satu barang yang dibeli untuk memenuhi kebutuhan rumah terutama ruang tamu dan ruang keluarga. Namun harga sofa baru bisa terbilang mahal. Oleh karena itu sofa bekas bisa dijadikan alternatif untuk anda yang ingin meminimalisir budget dalam membeli perabotan rumah tangga.

Mengisi dan mempercantik ruangan tak harus selalu menggunakan barang baru. Perlu anda catat bahwa barang bekas tidak selalu memiliki kualitas yang buruk. Hanya saja anda harus lebih teliti dalam memilih sofa sebelum membelinya. Berikut ini hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum membeli sofa bekas.

  1. Cover Sofa

Sebagai hal pertama yang dilihat sebelum membeli sofa bekas adalah cover sofa. Biasanya sofa bekas tidak sepenuhnya utuh. Anda perlu mengecek apakah ada bagian yang sobek ataukah rusak. Dari sini anda bisa memperkirakan jumlah biaya untuk perbaikan. pada sofa dengan sobekan yang kecil dan sedikit anda perlu menjahitnya saja. Namun apabila sobekan terlalu banyak atau cover sudah tidak lagi membuat nyaman anda perlu untuk mengganti keseluruhan cover sofa.

  1. Kelenturan

Biasanya sofa dijual karena satu hal utama yaitu sudah tidak lentur lagi. Maka dari itu anda perlu mengecek kelenturannya dengan cara mendudukinya. Anda bisa memastikan bahwa sofa tersebut masih bagus apabila setelah diduduki kelenturan sofa akan kembali setelah 5 menit. Jika setelah 5 menit tak kunkung kembali lentur maka bisa dipastikan bahwa sofa tersebut rusak. Sebaiknya anda tidak perlu membelinya. Belilah sofa bekas dengan tingkat kelenturan yang masih normal sehingga bisa nyaman digunakan.

  1. Sandaran

Penyokong punggung pada sofa atau sandarannya juga perlu untuk diperhatikan. Pastikan bahwa sandaran sofa masih dalam kondisi baik atau paling tidak masih bisa untuk diperbaiki. Jika anda menemui sandaran sofanya retak atau bahkan patah sebaiknya jangan dibeli. Jika anda memaksa maka biaya perbaikannya akan semakin besar.

 

Setelah mengecek 3 hal diatas anda harus menghitung perkiraan biaya perbaikan jika sofa benar-benar tidak utuh dengan baik. Memang jika anda membeli barang bekas sebagian besar tidak selalu utuh 100%, maka dari itu anda perlu melakukan perkiraan biaya perbaikan. upayakan agar harga sofa bekas ditambah dengan biaya perbaikannya tidak melebihi biaya jika membeli sofa baru, dengan begitu anda bisa membeli furniture dengan harga minimalis. Selamat berbelanja!

Previous article Ragam Model Sofa Cafe Masa Kini
Next article Sofa Berbahan Kulit Bisa Cepat Rusak Karena 6 Hal Ini, Loh!