5 Masalah yang Sering Terjadi pada Sofa dan Cara Mengatasinya

Memiliki perabotan rumah yang lengkap dan awet tentu merupakan impian bagi sebagian besar orang. Alat yang memadai tentu dapat memfasilitasi kita dalam melakukan segala pekerjaan. Ketika anda membeli sebuah perabotan rumah tangga pastinya memilih kualitas yang bagus dengan harga yang sesuai, dengan tujuan  barang bisa digunakan jangka panjang sehingga tidak merugikan. Selain memakai, perawatan pada perabotan yang dimiliki juga penting untuk menjaga keawetannya sehingga bisa terus digunakan. Namun meskipun sudah dirawat dengan baik tak jarang ada barang yang rusak atau kotor karena hal lain.

 

Perabotan apa yang sering menjadi masalah di rumah anda? Apakah sofa merupakan salah satunya? Sebagai tempat yang nyaman untuk duduk, tidur maupun bersantai tentu sofa di rumah haruslah bersih dan nyaman. Masalah apa yang sering anda temui pada sofa ? bagiamana anda mengatasinya? Simak berikut ini:

  1. Pudar

Usia sofa memengaruhi kualitas warna karena pemakaian secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama dapat membuat warna sofa menjadi berubah atau memudar. Selain factor usia, warna sofa juga bisa cepat memudar jika anda meletakkan sofa di tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung dan terus-menerus. Untuk menjaga warna sofa tetap utuh anda harus menjaga dan merawat sofa dengan baik, seperti membersihkan sofa menggunakan bahan yang sesuai. Apabila anda menggunakan bahan yang tidak dianjurkan maka juga dapat membuat warna sofa cepat berubah dan memudar.

  1. Noda atau Kotor

Bagi anda yang memiliki anak kecil di dalam rumah tentu sangat rawan membuat sofa menjadi kotor dan bernoda. Noda pada sofa juga bisa disebabkan oleh tumpahan makanan atau minuman. Hindari aktivitas makan dan minum di sofa untuk meminimalisir masalah tersebut. Selain itu anda juga harus sering membersihkan sofa, kotoran sofa juga bisa berasal dari debu yang jarang sekali di sadari keberadaannya. Jika menumpuk bisa menimbulkan penyakit seperti batuk bahkan gatal untuk sebagian orang yang memiliki alergi debu.

  1. Robek dan Mengelupas

Tentu anda pernah menemui sofa yang robek dan mengelupas. Kerusakan ini biasa terjadi karena sofa terkena paparan sinar matahari secara langsung. Proses produksi dari produsen juga bisa saja menjadi faktor masalah ini. Meskipun begitu factor usia juga tidak bisa dipungkiri. Sofa yang berusia lama kian rusak atau mengelupas. Untuk menghindari sofa robek dan mengelupas jauhkan benda-benda tajam dari sofa anda, dan juga putung rokok yang menyala bisa membuat sofa menjadi berlubang.

  1. Berjamur

Hindarkan sofa dari tempat yang lembab, sebab bisa membuat jamur tumbuh di dalam sofa anda. Meskipun kadang tidak terlihat sofa yang tumbuh di dalam bisa menimbulkan bau tak sedap yang tentunya membuat tidak nyaman. Letakkan sofa di tempat yang kering dan hangat. Untuk menghindari tumbuhnya jamur, anda bisa menggunakan pembersih khusus yang tidak memiliki efek samping.

  1. Lembek

Selain keempat poin di atas, sofa juga bisa menjadi lembek karena termakan waktu. Jika hal ini terjadi anda bisa mengganti busa yang lama dengan busa yang baru. Factor selain usia adalah penggunaan satu sisi sofa. Satu sisi tersebut bisa lembek lebih cepat dibandingkan bagian yang lain dan membuat sofa tidak nyaman untuk diduduki. Hindari menaruh barang yang berat terlalu sering apalagi jika digunakan untuk loncat-loncat akan mempercepat sofa menjadi lembek.

 

Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada sofa di rumah. Jika anda mengalami salah satu atau beberapa segera tangani agar sofa bisa digunakan lebih lama lagi.

Previous article Cara Merawat Bahan Suede Yang Elegan dan Lembut
Next article 10 Bahan Sofa yang Populer